-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Pajak PBB-P2 Deliserdang

Pajak PBB-P2 Deliserdang

IKLAN COBLOS NO 2. dr.Aci-Lom-lom

Pajak PBB-P2 Deliserdang

Pajak PBB-P2 Deliserdang

Iklan

9 PMI Asal Binjai Terjebak Perang di Ukraina, Segera Diterbangkan ke Indonesia

Gimson Sitanggang, SE
Jumat, Maret 11, 2022, 01:47 WIB Last Updated 2022-03-10T18:47:57Z

MEDAN | BUSER-INVESTIGASI.COM


Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyebutkan, sembilan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Binjai, Sumut segera diterbangkan ke Indonesia.


Saat ini, sembilan PMI asal Sumut tersebut tengah bersembunyi di bungker-bungker perlindungan yang ada di negara pecahan Uni Soviet itu untuk menghindari dampak perang Rusia-Ukraina.


"Ada sembilan orang PMI asal Sumatra Utara belum dievakuasi. Mereka seluruhnya warga Kota Binjai yang bekerja di pabrik plastik," ujar Kepala BP2MI, Benny Rhamdani menjawab sejumlah wartawan perihal jumlah PMI di Ukraina, Rabu (9/3).


Lebih lanjut Benny menjelaskan, para PMI yang berada di Ukraina saat ini dalam kondisi aman.


"Kita sudah berkoordinasi dengan Dubes (Duta Besar) Republik Indonesia di Ukraina. Dubes RI memberikan jaminan keselamatan kesembilan PMI," jelasnya.


Proses evakuasi para PMI, ungkap Benny tinggal menunggu masa jeda kemanusiaan antara Ukraina dan Rusia. Kemudian izin keselamatan perjalan.


"Izinnya ditentukan Ukraina dan Rusia. Jika sudah keluar, kesembilan PMI segera diterbangkan ke Indonesia," ungkapnya.


Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Kepala BP2MI juga mengatakan bahwa Indonesia terus akan memberikan perlindungan kepada para pekerja migran yang berada di luar negeri.


Untuk itu, Benny meminta kepada para calon pekerja migran untuk menjalani proses penempatan melalui jalur yang resmi.


Tentunya dengan negara terus memberikan fasilitas dan kemudahan bagi mereka yang akan berangkat secara resmi.


Kemudian, sekaitan dengan itu, Benny mengingatkan bahwa terdapat risiko bagi para pekerja migran yang menggunakan jalur nonprosedural.


"Potret hari ini di mana kita tampilkan saudara-saudara kita yang dari Ukraina, adalah potret bagaimana mereka layak mendapatkan perlakuan hormat, perlindungan negara sebagaimana perintah Presiden Republik Indonesia," pungkasnya.


Sebelumnya, 30 pekerja migran asal Indonesia tiba di Tanah Air pada 3 Maret 2022 setelah berhasil dievakuasi dari Ukraina. Mereka kemudian menjalani karantina di Wisma Pasar Rumput, Jakarta.


Para 'Pahlawan Devisa' yang telah tiba di Tanah Air itu terdiri dari 29 perempuan dan satu orang laki-laki. Kebanyakan dari mereka yang telah dievakuasi bekerja sebagai terapis spa dan berasal dari Bali. (*/ok)

Komentar

Tampilkan

  • 9 PMI Asal Binjai Terjebak Perang di Ukraina, Segera Diterbangkan ke Indonesia
  • 0

Terkini

Topik Populer