-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

IKLAN COBLOS NO 2. dr.Aci-Lom-lom

Iklan

Kapal Kayu Muatan 89 TKI Ilegal, Tenggelam di Perairan Asahan 2 Tewas, 26 Lagi Dalam Pencarian

Gimson Sitanggang, SE
Minggu, Maret 20, 2022, 03:02 WIB Last Updated 2022-03-19T20:02:23Z

ASAHAN | BUSER-INVESTIGASI.COM


Kapal kayu muatan 89 TKI Ilegal tujuan Malaysia tenggelam di Perairan Tanjung Api, Kabupaten Asahan. Akibatnya, dua orang meninggal dunia dan 26 lainnya masih dalam pencarian, sementara sisanya selamat. 


Dua orang TKI ilegal yang meninggal dunia adalah, Anatasya Ponis (43) warga Nusa Tenggara Timur, dan Basman (53) warga Sulawesi Selatan, Sabtu 919/3).


Keduanya meninggal setelah kapal yang ditumpangi mereka bersama para TKI ilegal lainnya tenggelam diperairan Tanjung Api, Kabupaten Asahan.


"Dua diantara TKI ilegal yang berhasil kami amankan dalam keadaan meninggal dunia, atas nama Anastasyah Ponis warga NTT, dan Basman warga Sulawesi Selatan," kata Danpos Sar Nasional Tanjungbalai Asahan, Ady Pandawa.


Jelas Pandawa, saat ini kapal rescue milik pos Sar TBA sedang menuju ke pelabuhan panton untuk dipastikan siapa-siapa saja korban selamat yang berada di kapal rescue.


"Namun, bisa dipastikan dua orang korban merupakan seorang laki-laki dan seorang wanita. Saat ini, yang lain masih menuju kemari," pungkasnya.


Tragedi tersebut diketahui terjadi pada jam 06.00 wib. Komandan Pos Badan Sar Nasional Tanjungbalai Asahan (Basarnas TBA), Ady Pandawa mengatakan kapal pembawa PMI ilegal tersebut dipastikan kapal kayu milik nelayan untuk mencari ikan.


"Dikonfirmasi ke kami, kapal tersebut merupakan kapal nelayan yang hendak membawa 89 TKI ilegal menuju negara Malaysia dengan menggunakan jalur tidak resmi," kata Pandawa.


Pandawa menduga, karamnya kapal kayu tersebut diakibatkan adanya kelebihan muatan yang mengakibatkan kapal tidak seimbang dan tenggelam.


"Dugaan sementara kami kapal tersebut kelebihan muatan, karena kapal nelayan membawa 89 orang didalamnya," kata Pandawa.


Saat ini timnya sudah berhasil membawa para korban dengan menggunakan kapal Sar milik Badan Sar Nasional Tanjungbalai Asahan. "Kami sudah on board, saat ini menuju pelabuhan panton," katanya. (*/ok)

Komentar

Tampilkan

  • Kapal Kayu Muatan 89 TKI Ilegal, Tenggelam di Perairan Asahan 2 Tewas, 26 Lagi Dalam Pencarian
  • 0

Terkini

Topik Populer