-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kejuaraan F1H20, BI Sumut Siapkan Money Changer Hingga Kas Keliling

Gimson Sitanggang, SE
27 Januari 2023, 18:33 WIB Last Updated 2023-01-27T11:33:12Z

Menyambut sekaligus ikut serta dalam menyukseskan event F1H20 di Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023 mendatang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara telah mempersiapkan sistem pembayaran.

Medan | buser-investigasi.com


Menyambut sekaligus ikut serta dalam menyukseskan event F1H20 di Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023 mendatang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara telah mempersiapkan sistem pembayaran.


Mulai dari mempersiapkan 172 ATM, money changer, kas keliling untuk mendukung sistem pembayaran. Ada 3 yang telah disediakan yakni ATM, Kupva atau money changer serta menyediakan QRIS bagi merchant UMKM.


Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Azka Subhan, menuturkan BI telah berkoordinasi dengan perbankan di wilayah Sumut untuk menyedikan ATM, money changer di sana dan memperluaskan implementasi QRIS.


“Tetapi memang setiap bank memiliki ukuran dalam penambahan ATM sesuai dengan skala ekonomi, tetapi dalam rangka event ini kita membantu 3 hal tersebut untuk kesuksesan F1H20,” tuturnya, Kamis (26/1).


Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara, Doddy Zulverdi, menyampaikan BI Sumut telah berkoordinasi dengan enam bank yang sudah masuk kedalam kepanitiaan F1H20 mulai dari bank himbara, Bank Sumut dan Bank BCA.


“Adapun persiapan tersebut mulai dari penyediaan 172 ATM di kawasan Toba dan 41 ATM di Balige, lalu penambahan ketersediaan Mobile ATM hingga penukaran uang asing,” ungkapnya didampingi Deputi Bidang Moneter Ibrahim dan Poltak Sitanggang.


BI sudah koordinasikan dengan 6 bank yang sudah masuk ke dalam kepanitiaan F1H20. Maka kesiapan ATM nya di kawasan Toba 172 ATM akan disiapkan dan lokasi penyelenggaraan di Balige ada 41 ATM. Untuk menambah ketersediaan atm akan ada mobile atm atau atm bergerak yang disediakan bank Himbara, Bank Sumut dan BCA.


“Tak hanya itu, untuk ketersediaan uang tunai berjalan lancar, BI Sumut juga telah berkoordinasi untuk penukaran uang asing yang berada di ring satu dan berada di lokasi hotel,” katanya.


Untuk QRIS Bank Himbara dan diluar bank Himbara, BI Sumut menghimbau agar memperluas QRIS di kawasan Toba khususnya Balige.


Selain kepada perbankan, BI Sumut juga menyediakan kas keliling baik dalam kota. Dan untuk kas keliling luar kota Bi Sumut bekerjasama dengan BPR dan Kantor Pos di wilayah tersebut.


“Kami juga memberikan penukaran kepada BPR sebagai upaya distribusi kepada mayaarakat melalui nasabah mereka,” katanya.


BI Sumut optimis ajang F1H2O akan berdampak bagi penguatan ekonomi terutama di sekitaran kawasan Danau Toba.


“Banyaknya event karena adanya keterlibatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sekitar Wilayah Danau Toba. Harapannya berdampak ke penguatan ekonomi khususnya pelaku UMKM sekitar Danau Toba,” tandasnya. (wol)

Komentar

Tampilkan

  • Kejuaraan F1H20, BI Sumut Siapkan Money Changer Hingga Kas Keliling
  • 0

Terkini

Topik Populer