-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Atasi Begal Jangan Dijadikan Polemik, Gubernur Pamerkan Video Satpol PP Latihan Double Stick

Gimson Sitanggang, SE
19 Juli 2023, 16:14 WIB Last Updated 2023-07-19T09:14:37Z
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi 

MEDAN | buser-investigasi.com


Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi meminta berbagai pihak untuk tidak menjadikan persoalan maraknya begal di Kota Medan dan sekitarnya sebagai polemik.


Menurut Mantan Pangkostrad itu, permasalahan begal harus dilakukan secara bersama-sama oleh lintas sektor.


"Jadi begini. Ini banyak dijadikan polemik, tak boleh begitu. Ini kan rakyat kita, jadi ini kegiatan (penanganan) yang harus sama-sama kita lakukan," ujar Edy Rahmayadi saat diwawancarai usai rapat paripurna di gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (17/7).


Dikatakannya, dalam hal penanganan begal, diperlukan penghematan tenaga dan efisiensi.


"Penanganan begal bukan soal keberhasilan atau ketidakberhasilan, diperlukan penghematan tenaga namanya. Itu yang perlu saya sampaikan," katanya.


Menurut Edy, dibutuhkan pasukan kecil seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk memberantas begal. Kemudian, kata dia, akan ditindaklanjuti bertingkat oleh aparat penegak hukum seperti kepolisian dan TNI.


"Penghematan tenaga itu pasukan kecil yang paling bisa, ya itu lah Satpol PP, kalau Satpol PP tidak mampu nanti dibantu oleh kepolisian. Polisi tidak mampu, baru TNI lah turun. Kalau sampai itu (TNI) turun dah darurat lah, inilah yang kita lakukan," pungkasnya.


Sebelummya, dalam unggahan di akun instragramnya, Edy Rahmayadi tampak memamerkan video Satpol PP tengah berlatih double stick untuk memberantas begal.


Dalam keterangan unggahan pada Rabu (16/7) itu, Edy menuliskan terkait tugas Satpol PP dalam menangani begal.


"Sebagaimana yang sudah saya instruksikan beberapa hari yang lalu, seluruh personel Satpol PP Pemprovsu telah kita kerahkan ke beberapa titik di Kota Medan, Binjai dan sekitarnya untuk melaksanakan penindakan langsung dan deteksi dini terhadap kelompok-kelompok begal dan geng motor dalam rangka mewujudkan ketertiban dan keamanan di masyarakat," tulis caption unggahan tersebut.


Dalam keterangan itu juga disebutkan, sebanyak 22 personel Satpol PP Pemprovsu dikerahkan di lapangan pada tanggal 15-16 Juli 2023 untuk melakukan patroli berkendaraan dengan dilengkapi perlengkapan double stick. "Melalui patroli tersebut, tim akhirnya berhasil melakukan pengamanan terhadap dua orang diduga hendak melakukan pencurian besi di Jalan Binjai Km 12 dengan barang bukti 1 buah kapak, 1 buah pisau, dan 1 buah palu. Setelah itu, tepatnya di Jalan Megawati, tim melakukan pengejaran rombongan geng motor dan berhasil menangkap 4 orang diduga anggota geng motor tersebut yang rata-rata masih berstatus pelajar. Tim juga berhasil mengamankan barang bukti berupa panah, golok, dan gergaji dan sudah diserahkan ke pihak kepolisian setempat. Kerja bagus untuk tim Satpol PP Pemprovsu, tetap lakukan patroli di lapangan, kita lawan geng motor di Sumut ini," tulisnya dalam unggahan tersebut.(trn)

Komentar

Tampilkan

  • Atasi Begal Jangan Dijadikan Polemik, Gubernur Pamerkan Video Satpol PP Latihan Double Stick
  • 0

Terkini

Topik Populer