-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Harga Bawang & Cabai Merah Alami Kenaikan, Komoditi Lain Stabil

Gimson Sitanggang, SE
13 Juni 2024, 00:04 WIB Last Updated 2024-06-12T17:04:23Z

Harga Bawang & Cabai Merah Alami Kenaikan, Komoditi Lain Stabil

DELI SERDANG | buser-investigasi .com

Jelang Idul Adha 1445 Hijirah, harga sejumlah kebutuhan pokok memgalami fluktuasi. Ada yang mengalami kenaikan, tapi banyak juga yang stabil.


Fakta ini diketahui dari hasil monitoring Penjabat Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Deli Serdang di Pasar MMTC, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Rabu (12/6/2024).


Untuk dikeyahui, harga cabai merah dan bawang merah mengalami kenaikan. Saat ini, harga cabai merah di kisaran Rp55 ribu/kilogram, sedangkan bawang merah Rp41 ribu/kilogram.


Harga Bawang & Cabai Merah Alami Kenaikan, Komoditi Lain Stabil

Kenaikan harga bawang merah disebabkan adanya perbedaan harga antara bawang merah dari Pulau Jawa dan dari Kabupaten Karo. Dari Pulau Jawa sedikit lebih mahal.


Sedangkan kenaikan harga cabai merah disebabkan adanya perbedaan waktu tanam sampai dengan panen. Selain itu, cabai merah dari Kabupaten Deli Serdang banyak dijual ke luar daerah.


Untuk komoditi lainnya, seperti daging ayam dan sapi, harganya masih stabil. Daging ayam di kisaran Rp30 ribu-Rp35 ribu/kilogram, dan daging sapi Rp130 ribu/kilogram. Telur ayam berkisar Rp1.800-Rp1.900 dengan harga maksimal Rp2.000 perbutir.


"Kabupaten Deli Serdang merupakan sentra produksi cabai merah, banyak kecamatan yang memproduksi cabai merah. Ada perbedaan waktu tanam sampai dengan panen. Di bulan ini, ada tiga kecamatan di Deli Serdang yang sudah masuk waktu panen, kecamatan lain belum panen. Mungkin, jika pada bulan depan panen, pasokan lebih banyak lagi," jelas Pj Bupati.


Soal produksi cabai merah Deli Serdang yang sebagian hasilnya dibawa atau dijual ke luar daerah, sebut Pj Bupati, akan segera didiskusikan agar para petani diedukasi bisa memasok hasil panennya di pasar lokal (di Deli Serdang). 


Harga Bawang & Cabai Merah Alami Kenaikan, Komoditi Lain Stabil

Dikatakan Pj Bupati, peranan pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang adalah menjaga pasokan barang agar harga stabil, bukan mengatur pasokan. Pemkab Deli Serdang melakukan intervensi harga dengan mengadakan pasar murah. 


"Dengan pasar murah, beberapa harga bahan pokok bisa disubsidi, seperti beras, gula dan minyak makan, tidak dengan komoditas seperti cabai merah," tutup Pj Bupati.


Ikut serta dalam peninjauan itu, Dandim 0204/DS, Letkol Inf Alex Sandri SHub Int HMI; Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Deli Serdang,  Herman SE MSi; Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Khoirum Rijal ST MAP; Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Ir Hj Syarifah Alawiyah MMA dan lainnya.( Candra)

Komentar

Tampilkan

  • Harga Bawang & Cabai Merah Alami Kenaikan, Komoditi Lain Stabil
  • 0

Terkini

Topik Populer