-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Hari Ini! Pawai alegori Harmoni Jogja 2024 Siap digelar di Kotagede

Gimson Sitanggang, SE
08 Juni 2024, 00:11 WIB Last Updated 2024-06-07T17:11:24Z
 Hari Ini, Pawai alegori Harmoni Jogja 2024 Siap  digelar di Kotagede

Yogyakarta- (DIY) -buserinvestigasi.com

Pemerintah kota yogyakarta melalui Dinas Pariwisata kembali akan menyelenggarakan Pawai Alegoris Harmoni Jogja 2024, dengan tema "Harmoni In Old Mataram ". pada hari Sabtu 8 Juni 2024 mulai pukul, 15.00 hingga 17.30 WIB ,dengan rute yang dimulai dari Jalan kemasan dan nantinya akan berakhir di jalan mondorakan, Kemantren Kotagede.


Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta , Sri Arika Wahyuningsih, mengatakan, Pawai Alegoris Harmoni Jogja 2024 merupakan bentuk memperkuat sektor pariwisata dan budaya,Sekaligus mendukung predikat Yogyakarta sebagai kota terbaik untuk pariwisata berdasarkan survey yang dirilis oleh Goodstats pada 29 oktober 2023.


"Dalam survei tersebut, Yogyakarta dikenal dengan banyak pilihan tempat wisata serta keindahan alam yang menakjubkan tempat-tempat bersejarah, kuliner khas yang lezat, serta sarana dan prasarana pariwisata yang memadai,"ungkapnya, Rabu (5/6/2024).


 Hari Ini, Pawai alegori Harmoni Jogja 2024 Siap  digelar di Kotagede

Arika menambahkan, pawai ini akan menghadirkan berbagai atraksi seni dan budaya yang dikemas secara apik,etik,dan estetik melalui visualisasi simbolik.


"pawai ini akan memberikan informasi yang berkaitan dengan destinasi wisata di Yogyakarta, yang disajikan dengan berbagai atraksi seni di beberapa situs bersejarah,"ujar Arika.


Berkumpulnya mereka,di depan pasar Kotagede peserta pawai dari sanggar-sanggar di antero Yogyakarta ,akan menampilkan tarian yang mengisahkan kisah-kisah sejarah yang berhubungan dengan penamaan kampung-kampung di Kotagede.


"Pembukaan pawai Rencananya akan dilakukan oleh pejabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Sugeng Purwanto," ujarnya


Yang mana,kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk menampilkan kreasi budaya masyarakat, tetapi juga sebagai sarana promosi objek wisata di Yogyakarta, terutama sektor Selatan Kota, melalui pawai ini; diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan para wisatawan. 


"Pemilihan lokasi di Kotagede sangat tepat karena Kotagede memiliki banyak destinasi wisata dan daya tarik yang terkenal,"ucap Arika, 


Produk ekonomi kreatif di Kotagede seperti kuliner kembang waru,dan ukel juga menjadi salah satu daya tarik yang memiliki nilai otentik dan kelukalan produk wisata termasuk destinasi dan cerita di baliknya, serta ekosistem kuliner akan dijaga dengan baik agar para wisatawan mengapresiasi dan membeli produk-produk tersebut yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu hendratmoko menyampaikan, pawai alegoris ini merupakan bagian dari upaya untuk mempromosikan Wilayah selatan Kota Yogyakarta khususnya Kotagede.


Wahyu menerangkan,Area Kotagede  sudah menjadi destinasi wisata terkemuka, diharapkan dapat menjaga ekosistemnya dengan baik dan masyarakat di seluruh kawasan Kotagede semakin meningkat kesadaran wisatanya, didukung juga oleh komunitas pegiat budaya dan wisata Kotagede, seperti Lawang petuk, tamasyakarsa House of Kotagede, Purbayan, Rejowinangun, dan lain-lain.


"Pawai alegori kali ini menampilkan pagelaran otentik bersumber dari berbagai situs yang berlokasi di kampung-kampung Kotagede dan sekitarnya, seperti situs manuk Berry, situs Beteng cepuri atau bokong Semar,situs padas temanten, situs Watu gajah, (Sungai Gajah Wong) situs Nogo Bondo, situs Beteng Peleman,situs Watu Gilang, situs sumur Retno dumilah, situs Sendang selirang, dan situs Watu Gateng, yang memiliki cerita unik untuk menarik perhatian wisatawan, Dengan alur cerita yang menawan diharapkan wisatawan yang berkunjung ke Kotagede akan terpesona jelasnya,"papar Wawan.


Ia berharap,akan mengundang antusiasme masyarakat yang dipersilahkan untuk  menonton di sepanjang jalan kemasan hingga Jalan Pemondokan dan pemerintah kota Yogyakarta akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan profesionalitas produk-produk kepariwisataan serta mendorong ekosistem ekonomi kreatif yang ada di kota ini dengan berbagai program dan kegiatan.


"Kami mengundang seluruh masyarakat Yogyakarta dan wisatawan untuk menyaksikan dan merasakan keindahan budaya yang akan ditampilkan dalam pawai alegori Harmoni Jogja 2024,"paparnya.(*/Raja).

Komentar

Tampilkan

  • Hari Ini! Pawai alegori Harmoni Jogja 2024 Siap digelar di Kotagede
  • 0

Terkini