-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kenalkan Seni Karawitan Disbud Gelar Resital Karawitan

Gimson Sitanggang, SE
29 Juli 2024, 01:25 WIB Last Updated 2024-07-28T18:25:39Z

Kenalkan Seni Karawitan Disbud Gelar Resital Karawitan

Umbulharjo-(DIY)-buserinvestigasi.com

Guna membawa nilai-nilai budaya yang ada, yaitu dengan memperkenalkan seni karawitan. Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Yogya akan terus berupaya memperkenalkan seni karawitan untuk generasi muda, salah satunya adalah dengan menggelar Resital Karawitan di Taman Budaya Embung Giwangan, Jumat (26/7/2024).


Acara ini dibuka oleh Sekda Kota Yogya, Aman Yuradiya, sambil pun sangat menyambut baik gelaran tersebut. 


Menurut Aman,Resital Karawitan merupakan bagian pembangunan sumber daya manusia terutama menyasar generasi muda agar terus melestarikan budaya yang ada.


“Pembangunan sumber daya manusia penting dilakukan dan diinovasikan dengan perkembangan yang ada dengan tetap membawa nilai-nilai budaya yang ada,” kata Aman


Aman berharap, agar Resital Karawitan ini dapat terus digelar untuk tahun-tahun yang akan datang. 


“Melihat animonya yang luar biasa sekali tentu ini akan menjadi hal penting agar acara seperti ini harus terus digelar,” tuturnya.


Sementara itu Kepala Disbud Kota Yogya, Yetti Martanti kepada awak media mengatakan  acara kali ini dikuti oleh 50 pengrawit muda di Kota Yogya yang berusia 17-30 tahun. 


“Kegiatan ini untuk mengembangkan kembali seni karawitan serta meregenerasi para pengrawit di Kota Yogya, apalagi Kota Jogya merupakan kota pusat perkembangan seni,” katanya.


Yetti menjelaskan, selama pertunjukkan, puluhan peserta ini membawakan eman repertoar yakni tembang Ilir - Ilir, Ladrang Lipurati, Lelagon Lesung Jumengglung, Lelagon Lintang Sakethi, L elagon Embung Giwangan, dan Kuwi Apa Kuwi.



Yetti berharap, melalui sebuah kegiatan pencetakan tersebut dapat banyak para pengrawit muda Kota Yogya yang memiliki kapasitas dan kereramplan yang mumpuni.


“Selain itu juga dapat memberikan ruang bagi  media untuk berekspresi bagi pengrawit muda di  Kota Yogya dalam

berkarya,”paparnya.(*/Raja)

Komentar

Tampilkan

  • Kenalkan Seni Karawitan Disbud Gelar Resital Karawitan
  • 0

Terkini

Topik Populer