-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Gelombang Tinggi Air Laut, Puluhan Rumah di Desa Bagan Kuala Terendam Banjir

Gimson Sitanggang, SE
18 September 2024, 02:00 WIB Last Updated 2024-09-17T19:00:31Z
Gelombang Tinggi Air Laut, Puluhan Rumah di Desa Bagan Kuala Terendam Banjir

SERGAI | buser-investigasi.com

Akibat gelombang tinggi air laut, puluhan rumah warga di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, terendam banjir, Selasa (17/9) siang.


Selain terendam air, rumah warga yang berdekatan dengan bibir pantai banyak dimasukin pasir. Sehingga warga yang rumahnya terdampak air laut dan pasir berlarian meninggalkan rumah dan mencari tempat aman.


Melihat naiknya air laut ke pemukiman, Kepala Desa Bagan Kuala, Safril langsung turun dan meninjau rumah-rumah warga yang terendam air.


"Saya sedang makan dan kaget, tiba-tiba air laut memasuki pemukiman rumah warga. Langsung melompat dan meninjau di lokasi pemukiman warga," ucap Safril.


Dijelaskan Safril, rumah warga yang terdampak air laut dari Dusun I sampai Dusun III. Dan dampak yang terbesar adalah di Dusun I sekitar 60 unit rumah yang langsung berhadapan di bibir pantai, Dusun II sekitar 10 rumah, dan Dusun III sekitar 40 rumah.


Selain itu kata Safril, banyak juga alat-alat tangkap ikan milik warga seperti sampan ada beberapa unit yang hancur, begitu juga pekarangan rumah warga.


Menurut Kepala Desa Bagan Kuala itu, gelombang tinggi ini secara tiba-tiba datang dan dengan seketika memasuki pemukiman warga di Desa Bagan Kuala.


"Hampir seluruh rumah warga di Desa Bagan Kuala terendam air laut akibat gelombang tinggi. Jika ini dibiarkan akan semakin tinggi tingkat abrasi di Desa Bagan Kuala," ujar Safril.


Johansyah (52), salah seorang warga Dusun I Desa Bagan Kuala menuturkan, kami terkejut dengan tiba-tiba saja datang air laut dengan gelombang yang tinggi. Sehingga kami takut dan cepat-cepat meninggalkan rumah.


"Baru kali ini terjadi tiba-tiba gelombang tinggi dan air laut datang memasuki pemukiman, sehingga hampir seluruh rumah warga tergenang air dan pasir," ujarnya. (media)

Komentar

Tampilkan

  • Gelombang Tinggi Air Laut, Puluhan Rumah di Desa Bagan Kuala Terendam Banjir
  • 0

Terkini

Topik Populer