-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

IKLAN COBLOS NO 2. dr.Aci-Lom-lom

Iklan

Kesbangpol Provsu Giat Optimalisasi Pembangunan Kelurahan/Desa Bersinar di Serdang Bedagai

Gimson Sitanggang, SE
01 Oktober 2024, 11:10 WIB Last Updated 2024-10-03T19:20:15Z
Kesbangpol Provsu Giat Optimalisasi Pembangunan Kelurahan/Desa Bersinar di Serdang Bedagai

Sergai | buser-investigasi.com

Kesbangpol Sumut melaksanakan giat Penyuluhan pembangunan Kelurahan/Desa Bersih Tanpa Narkoba (Bersinar) di Aula Hotel Grand Sulthan  Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (12/9/24) pagi.


Dalam rangkaian kegiatan langsung di buka oleh (MC) dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Doa dan kata sambutan sekaligus pembukaan tentang laporan panitia pelaksanaan dan Pemaparan dari Narasumber.


Daftar hadir para undangan dari setiap meliputi, Desa Simpang Tiga Pekan, Desa Pekan Dolok Masihul Desa Nagur, dan Camat serta ASN Kesbangpol Serdang Bedagai Sumut.


Kesbangpol Provsu Giat Optimalisasi Pembangunan Kelurahan/Desa Bersinar di Serdang Bedagai

Kemudian kata sambutan sekaligus pembuka oleh Kepala Kesbangpol Kab Sergai Kaban Kesbangpol Sergai menjelaskan bahwa Peranan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).dalam mendukung P4GN (Pencegahan,Pemberantasan, Penyalah gunaan,tentang  Peredaran Gelap Narkoba).


Sangatlah penting karena pihak  Kesbangpol akan bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di masyarakat.Berikut beberapa peranan Kesbangpol dalam mendukung (P4GN)", Sebut Kaban.


Edukasi dan Sosialisasi , Kesbangpol berperan dalam menyebar luaskan  informasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya narkoba, serta peran penting nya tentang partisipasi aktif dalam pencegahan narkoba.


Dan membina jaringan Relawan Pihak Kesbangpol seringkali bekerja sama dengan lembaga masyarakat dan komunitas untuk membentuk jaringan relawan anti narkoba. agar para relawan dapat membantu memberikan informasi, serta dapat melakukan kegiatan pencegahan di lingkungan masyarakat tersebut.


Dalam penguatan dan Ketahanan Masyarakat, melalui program-program Kesbangpol ketahanan masyarakat terhadap ancaman Narkoba diperkuat dengan membangun kesadaran dan kerjasama lintas sektoral, baik dengan lembaga pemerintah maupun non-pemerintah, tutup Kaban Kesbangpol Sergai.


Mari Pihak Lembaga dan Relawan saling kordinasi dengan BNN dan Penegak Hukum. Kesbangpol bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), kepolisian, dan instansi terkait lainnya untuk melakukan tindakan pemberantasan serta upaya pencegahan di berbagai Wilayah Hukum masing-masing.


Agar pemantauan dan Evaluasi Program P4GN.dari Kesbangpol juga berperan dalam memonitor dan mengevaluasi efektivitas program-program.sudah dijalankan untuk memastikan keberhasilan strategi P4GN di tingkat daerah.


Melalui peran ini, Kesbangpol menjadi salah satu pilar penting dalam memperkuat ketahanan nasional terhadap ancaman narkoba dan mendukung visi Indonesia bebas narkoba, umum nya di sumut dan khususnya di Kab Sergai," Tutup Kepala BNN Sergai.


Kesbangpol Provsu Giat Optimalisasi Pembangunan Kelurahan/Desa Bersinar di Serdang Bedagai

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Utara yang diwakili, Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Ormas Harry, S.STP., M.Sc, menyampaikan, bahwasanya kegiatan ini menjadi nawaitu kita bersama dalam memerangi narkoba yang berdasarkan Perda No :( 01/2019) tentang P4GN, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif relawan anti narkoba dalam upaya rehabilitasi bagi para penyalahguna narkoba.


Lanjutnya, kegiatan ini untuk mendukung Program kegiatan Strategis Daerah Provsu dan P4GN. guna menekan angka penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kabupaten  Sergai.


"Kami berharap relawan yang hadir hari ini di harapkan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan tuntas, agar mendapatkan pemahaman pencegahan narkoba untuk dapat di impelentasikan di keluarga dan lingkungan," harapan Kabid.


Dari BNNP Sumut Herianto, juga menyampaikan ketahanan keluarga anti narkoba adalah bahwa keluarga memegang peran penting dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Keluarga yang kuat dan harmonis dapat menjadi benteng pertama untuk melindungi anggotanya dari pengaruh negatif narkoba.


Agar bisa dicapai melalui komunikasi yang baik, pengawasan, memberikan edukasi tentang bahaya narkoba, serta menciptakan lingkungan yang positif dan suportif. Selain itu, peran keluarga dalam memberikan nilai-nilai moral dan etika juga penting dalam membentuk perilaku yang sehat dan menjauhi risiko penyalahgunaan narkoba, ucap Herianto.



Lalu, M Taufik CHM (Konselor dan Direktur Panti Rehabilitasi Narkoba LRPPN Medan)menjelaskan IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) Panti Rehabilitasi Narkoba, lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menerima pelaporan dari para penyalah guna narkoba yang ingin mendapatkan perawatan dan rehabilitasi secara sukarela. Mereka berfungsi sebagai tempat bagi korban penyalahgunaan narkoba untuk mendapatkan perawatan medis, psikologis, dan sosial, agar bisa pulih dari kecanduan", Kata M.Taufik.


Detoksifikasi membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya.Konseling dan terapi,Membantu pemulihan psikologis dan emosional, serta mengidentifikasi akar penyebab penyalahgunaan narkoba.terapi sosial dan rehabilitasi ,membantu pasien untuk kembali berfungsi secara normal di masyarakat dan pendampingan hukum, jika terkait dengan kasus hukum,IPWL juga membantu penyelesaian dengan cara yang humanis.


Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah penyalahguna narkoba,agar dapat  menurunkan tingkat kecanduan, dan meningkatkan kualitas hidup pasien melalui dukungan komprehensif"; Ucap M.Taufik.


Kata penutupan oleh Tim IT Kesbangpol Provsu (Rafli, S.Kom) menjelaskan tentang sistem pelaporan relawan berbasis digital aplikasi SIAP BERSINAR, dilanjut dengan makan siang dan bersua poto bersama. (*)

Komentar

Tampilkan

  • Kesbangpol Provsu Giat Optimalisasi Pembangunan Kelurahan/Desa Bersinar di Serdang Bedagai
  • 0

Terkini